inkscape ↠ 9 september 2019

Tips Ilustrasi dengan Inkscape

Menjadi Ilustrator Profesional dengan Free Software

Bismillahirrohmanirrohim.

Dalam artikel kali ini Penulis berbagi tentang teknik-teknik yang sering digunakan dalam membuat ilustrasi inkscape. Tipsnya terlihat sederhana, namun jika diterapkan secara benar maka ilustrasi akan terlihat lebih bagus sari sebelumnya. Jika anda masih bingung mengenai apa itu inkscape silahkan baca artikel Penulis tentang inkscape untuk pemula.


Alhamdulillah, karena menerapkan tips ini Penulis berhasil menang dalam ajang lomba kompetisi Logo openSUSE.Asia Summit 2019.

Baik, berikut tipsnya.

Pertama, memahami jenis gaya desain

Dengan memahami jenis gaya desain, akan mengefektifkan ketika membuat ilustrasi. Beberapa jenis desain misalnya flat, gradien, blur, mbe, chrome, wpap, dan lain-lain.

Misalnya, tatkala seseorang membuat desain dengan tipe datar atau flat. Maka dengan desain flat ini harus menghindari efek blur dan penggunaan garis luar (stroke/outline). Memang jenis desain flat itu sendiri banyak jenisnya, bisa Anda riset dulu gaya yang pas untuk diterapkan.

Hasil memanfaatkan waktu tersebut, bisa digunakan untuk merevisi desain ke klien, membuat stok gambar atau sekedar membuat portofolio.

Secara pribadi, gaya desain yang sering Penulis pilih yaitu:

Boleh mengambil gambar orang lain, jika…

Boleh mengambil gambar jika digunakan untuk referensi belajar. Tujuannya untuk memahami style atau gaya, meniru lekukannya, meniru layoutnya, meniru gradasinya, detailnya, dan lain-lain. Dengan ini, kemampuan ilustrasi anda akan meningkat, tetapi konsistensi dalam membuat ilustrasi itu juga diperlukan.

Hasil pertama mungkin tidak terlalu bagus, tapi itu tidak mengapa. Sebab sehebat-hebatnya ilustrator perlu latihan dan ekstra sabar untuk membuat ilustrasi yang indah dan menakjubkan.

Jadi, ketika orang sudah mengatakan “Oh jadi seperti ini gayanya.. Oh jadi seperti ini cara membuat lineart-nya.. Oh jadi seperti ini..” Tentu orang akan paham dan tinggal mengeksekusi idenya ke digital.

Ketahuilah juga, mengambil karya orang juga beresiko dengan lisensi, dalam kondisi ini dikhawatirkan terjadi penjiplakan karya. Oleh karena itu, kreator sebaiknya menggunakan lisensi Creative Commons yang memberikan kemudahan orag lain untuk menggunakan karya milik kreator. Caranya yaitu dengan mencantumkan atribusi dan logo jenis lisensi CC terhadap karya tersebut.

Perbanyak latihan dan membuat portofolio

Semisalnya Hari Ahad ada jadwal kosong, atau yang biasanya bangun pagi sebelum subuh bisa digunakan untuk latihan membuat ilustrasi. Jika ilustrasinya bagus bisa dijadikan portofolio di Behance dan Dribbble. Jadi, tidak hanya teknik saja yang kuasai, tetapi dengan memperbanyak latihan dan membuat portofolio juga sebagai faktor ketertarikan klien.

Nah, sekarang masuk ke bagian teknisnya.

Pakai Tetikus atau Pentab

Pilihan pertama pakai tetikus (mouse). Karena ilustrator akan kesulitan membuat ilustrasi dengan touchpad (bayangan saja buat ilustrasi yang kompleks menggunakan touchpad saja, bagaimana susahnya ).

Tapi tidak perlu berangan tinggi, pakai mouse tipe gaming harga sekitar 100-200rban sudah lumayan terjangkau untuk keperluan ilustrasi. (Penulis menyarankan merek logitech)

Nah, pilihan kedua bisa pakai Pen Tablet. terakhir kali Penulis cek (pada postingan ini ditulis), harga wacom yang baru Rp. 1.200.000.- untuk Wacom CTL 672 ukuran medium, yang tipe CTL 472 small sekitar Rp.700.000.-, harga tersebut masih terjangkau.

Pahami Teknik Bezier

Pintasan B adalah pintasan bezier yang sering digunakan oleh pengguna inkscape. Bezier ini yang PALING PENTING untuk ilustrasi, apalagi yang ilustrator dengan genre seni garis (line art) yang rumit dan kompleks pasti membutuhkannya.


Terakhir, Memahami pintasan

Mulai dari yang dasar

Memindahkan objek

Memperbesar objek

Salin tempel

Zoom

Menggabungkan objek

Pintasan dialog

Modifikasi objek

Merubah jadi path

Snap alias magnet node

Tips: nonaktifkan snap (%) ketika sedang membuat ilustrasi line Art dan aktifkan kembali saat butuh snap pada titik node tertentu.

Terakhir pintasan tampilan


Nah itu tadi beberapa tips dari Penulis. Sebenarnya ulasan ini masih kurang lengkap, tapi akan segera Penulis tambahkan tips terbarunya. Sekian dan terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.


Memuat...
Sponshorship