dokumen ↠ 28 oktober 2019

Pengaturan Penting Libreoffice Yang Terlupakan

Anda akan mengetahui seberapa pentingnya pengaturan ini

Bismillahirrohmanirrohim.

Pengaturan awal LibreOffice memang perlu dilakukan dulu sebelum memulai membuat dokumen. Pengaturan awal termasuk metadata, fonta, bahasa, format, koreksi otomatis yang kadang dilupakan oleh pengguna LibreOffice awam. Supaya lebih produktif yuk simak tips berikut ini!


Gunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa baku

Harus menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa baku di LibreOffice. Mengapa?, sebab fitur Bahasa lokal yang tersedia di LibreOffice merupakan fitur yang bagus untuk orang awam. Bahkan lebih mudah diajarkan untuk anak Sekolah Dasar yang masih baru belajar mengetik. Perlu Anda ketahui ada sekitar tiga ratus lebih kata dan string yang berhasil diterjemahkan oleh Tim Penerjemah LibreOffice Indonesia, sudah sepantasnya untuk menghargai tim penerjemah lokal.

Orang yang sudah terbiasa dengan Bahasa Inggris akan terbiasa juga dengan kata seperti “File, Insert, Paragraph, Style” dan sebagainya. Kemudian ketika diganti dengan Bahasa Indonesia kata tersebut menjadi “Berkas, Sisipkan, Tubuh Teks, Gaya” akan terdengar asing dan aneh. Tetapi itu merupakan masalah pembiasaan saja.

Manfaat lainnya Anda tidak perlu membuat Gaya baru dengan dengan Bahasa Indonesia, sebab Gaya Halaman, Tajuk, Judul, Tubuh teks, dan sebagainya sudah diatur menggunakan Bahasa. Misalnya ketika ingin menambahkan kapsi pada gambar, tabel, diagram tidak perlu lagi menambahkan ruas baru (field), karena sudah ada ruas-ruas dengan Bahasa Indonesia. Hal ini akan membuat mudah, cepat dan produktif.

Jadi ketika menggunakan Fitur bahasa lokal akan memudahkan membuat dokumen, asalkan dokumen tersebut menggunakan Bahasa Indonesia juga. Jika Bahasa Anda masih memakai Bahasa Inggris gantilah dengan cara sebagai berikut:

bahasa

Jika tidak tampil bahasa Indonesia. Anda harus mengunduh lokal bahasa yang tersedia.

libreoffice-windows

Sedangkan cara memasang untuk pengguna GNU/Linux, lebih cepat memasang dengan terminal:

sudo apt install libreoffice-l10n-id
sudo dnf install libreoffice-langpack-id
sudo zypper in libreoffice-l10n-id
sudo pacman -S libreoffice-still-id

atau

sudo pacman -S libreoffice-fresh-id

Mengatur Unit Pengukuran

Kedua, biasanya Sistem operasi yang sudah menggunakan format Bahasa Indonesia sebagai format baku secara otomatis LibreOffice mendeteksi unit pengukuran ke sentimeter. Nah, ini manfaat lain mengatur lokal dan memasang Bahasa Indonesia yang secara otomatis mengatur ke sentimeter. Namun, jika format Bahasa Anda masih Bahasa Inggris maka unit yang digunakan adalah inchi, bukan sentimeter. Untuk merubah unit pengaturan tersebut dari inchi ke sentimeter adalah sebagai berikut.

libreoffice-unit-pengukuran


Mengisi Data Pengguna

Manfaat untuk mengisi formulir Data pengguna yaitu memudahkan pengguna lain untuk mengetahui pemilik berkas tersebut. Data tersebut bermanfaat untuk Metadata berkas dokumen yang Anda buat. Misalnya untuk memudahkan fitur komentar, didalam komentar akan tahu siapa yang penulis komentar (komentar ini berfungsi untuk menambahkan catatan dan perbaikan proposal, makalah, ataupun naskah skripsi). Manfaat lain data pengguna yaitu memaksimalkan metadata berkas. Jika dokumen ODF tersebut diekspor ke PDF, nantinya di metadata PDF akan tertera nama Anda sebagai pemilik dokumen dan piranti lunak apa yang Anda gunakan.

Berikut cara untuk mengisi Data Pengguna LibreOffice:

libreoffice-data-pengguna


Mengisi Dokumen Properti

Dokumen Properti penting untuk menampilkan metadata. Mulai dari Deskripsi, Keamanan, Fonta dan lain-lain. Cara untuk mengisi Dokumen properti adalah sebagai berikut:

libreoffice-properti-dokumen


Koreksi Otomatis

Anda bisa menggunakan fitur Koreksi Otomatis untuk mempercepat Penulisan. Misalnya “libreoffice” diganti dengan “LibreOffice”, “gimp” diganti “GIMP”, dan lain-lain. Adapun cara menggunakan KoreksiOtomatis sebagai berikut.

libreoffice-koreksi-otomatis


Menggunakan Fitur Komentar dan Pelacak perubahan

Anda bisa menggunakan fitur komentar untuk memberikan catatan. Sedangkan fitur Pelacak Perubahan digunakan untuk memantau perubahan isi dokumen, sehingga perubahan tersebut bisa diterima sebagai pembenahan dan bisa sebagai penolakan. Fitur ini sangat cocok untuk pegawai dan mahasiswa yang membutuhkan asistensi tugas proposal/skripsi/tesis/disertasi via daring.

libreoffice-koreksi-otomatis


Selalu gunakan Fonta Liberation sebagai Fonta Baku

Perlu diketahui bahwa LibreOffice sudah mendukung Fonta bebas untuk menggantikan Microsoft Office. Jika Anda pengguna GNU/Linux, Anda tidak perlu memasang fonta Microsoft di Distro GNU/Linux, sebab LibreOffice sendiri sudah menggantikan fonta Microsoft Office sejak LibreOffice itu dibuat.

libreoffice-koreksi-otomatis

Fonta Libreoffice yang memiliki kemiripan dengan fonta Microsoft Office sebagai berikut.

Beberapa fonta ini yang tidak disediakan LibreOffice tetapi ada dikebanyakan repo Distro GNU/Linux.

libreoffice-koreksi-otomatis


Selalu gunakan ODF

Meskipun Anda bekerja dengan LibreOffice, yakinlah selalu untuk menggunakan Open Document Format (ODF). Gunakan LibreOffice Writer dengan format .odt bukan .doc atau .docx. Ini penting karena berhubungan dengan kompatibilitas dokumen.

libreoffice-koreksi-otomatis

Coba bandingkan dengan Format tidak terbuka milik Microsoft, Penulis ambil contoh .doc dan .docx sebagai piranti lunak pengolah kata. .doc untuk Word tahun 97 sampai 2003, sedangkan .docx untuk versi Office 2007-2019 untuk saat ini. Sedangkan .odt yang sebagai format dokumen teks LibreOffice memiliki kompatibilitas yang kuat, sehingga .odt dibuka di LibreOffice versi berapapun tetap tidak berubah pemformatannya.

Tidak ada spasi yang rusak, tidak ada paragraf yang kacau. Nah itu hebatnya jika menggunakan Libreoffice.

Sekian dari penulis, terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.