inkscape ↠ 22 januari 2020

Cara memasang Profil CMYK dengan Inkscape di GNU/Linux, Windows dan Mac OS-X

Menggunakan Adobe ICC sebagai profil warna CMYK

Bismillahirrohmanirrohim.

Seringkali desainer mengalami perbedaan warna antara desain di monitor dengan hasil setelah dicetak. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman tentang pengaturan profil warna. Inkscape tidak menyediakan profil warna CMYK sehingga nantinya tetap menggunakan profil warna sRGB, tetapi menerapkan warna SWOP (Specifications for Web Offset Publications) untuk profil CMYK di sRGB. Anda juga bisa menggunakan warna GRACol (Graphics Communication Association) sebagai alternatif warna SWOP.


Dengan menggunakan profil warna Adobe ICC, inkscape dapat mengetahui warna mana saja yang didukung oleh CMYK. Profil warna CMYK yang disediakan oleh Adobe cukup bervariasi, misalnya SWOP, Gracol, Fogra, Japan Color dan-lain-lain. Profil warna tersebut didapatkan dengan mengunduh langsung di laman web Adobe.

Jenis Profil Warna Adobe ICC

#RGB

Selain menggunakan profil warna sRGB, Inkscape dapat menggunakan profil warna lainnya, seperti:

#CMYK

Sedangkan profil warna yang dibutuhkan adalah CMYK, biasanya yang digunakan adalah profil US Web Coated (SWOP) v2. Selain profil warna tersebut dapat menggunakan profil warna CMYK lain, seperti:

Cara memasang Adobe ICC di GNU/Linux

Ubuntu, Debian, Fedora, openSUSE dan turunannya.

~/.local/share/color/icc/

atau jikalau ditaruh di root,taruhlah di folder.

/usr/share/color/icc/

Arch linux, Manjaro dan turunannya.

Untuk pengguna Arch linux dan turunannya dapat menggunakan AUR Helper (misalnya yay) untuk memasang Adobe-ICC.

yay adobe-icc

Cara memasang Adobe ICC di Windows

C:\Windows\system32\spool\drivers\

Cara memasang Adobe ICC di Mac OS-X

**namapengguna** > Library > Colorsync > Profiles

Mengatur Profil warna di Inkscape

pengaturan 1 di Inkscape
pengaturan 2 di Inkscape
pengaturan 3 di Inkscape

Keterangan: Dengan menandai warna diluar gamut, artinya warna yang tidak didukung CMYK akan berubah menjadi abu-abu secara baku.

Warna Diluar Gamut

Didalam urusan percetakan, pengecekan warna dengan soft proofing “out of gamut” sangat membantu. Terutama untuk mengetahui batasan warna CMYK didalam profil warna RGB. Juga mengetahui perubahan warna yang signifikan ketika akan dicetak.

Triknya adalah dengan tidak menggunakan warna khusus, seperti hijau pekat, biru pekat, dan fusia. Lebih baik hindari warna-warna tersebut.

Jika terpaksa menggunakan warnanya, maka kurangi saturasinya. Serta gunakan pencahayaan yang cukup, sehingga warna tidak terlalu gelap.

Warna diluar gamut di Inkscape

Untuk mengaktifkan profil warna, tekan tombol kanan bawah, diatas palet warna.

Profil warna tidak aktif di Inkscape
Profil warna aktif di Inkscape

Contohnya seperti diatas. Tatkala menggunakan profil CMYK SWOP, warna yang digunakan sesuai dan tanpa keluar dari warna gamut. Maka perbedaan warna keduanya tidak terlalu berubah. Sehingga warna desain yang dicetak tidak mengalami perubahan yang signifikan baik dicetak offset maupun digital.


Nah, itu tadi tips untuk merubah profil warna RGB ke CMYK. Serta menggunakan soft proofing out of gamut untuk menentukan batas warna CMYK di profil warna RGB.

Sekian, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Aamiin.


Memuat...